Semua Ilmu Pengetahuan ada Di sini

2 September 2014

Pengertian Software Adalah

Pengertian Software Adalah, Apa yang dimaksud dengan Software? Sebelum dibahas lebih detail, sepertinya kita semua sudah tidak asing lagi dengan istilah Software ini, namun perlu anda ketahui secara tidak sadar setiap hari kita menjumpai kegunaan dari software ini atau bahkan digunakan oleh anda semua setiap waktu. Contohnya saja Software yang ada pada komputer anda sekarang ini.

Software bisa di pasang atau di instal di komputer sesuai dengan fungsi dan kegunaanya atau bisa dilepas ( uninstal ) apabila sudah tidak digunakan. Biasanya software ada yang berbayar dan ada yang gratis, software gratisan disebut free software biasanya membebaskan pengguna untuk mengembangkan fungsi dan kegunaan software tersebut.

Pengertian Software adalah perintah (program komputer) yang dieksekusi dan memberikan fungsi juga sebagai petunjuk kerja seperti yang diinginkan. Struktur data yang memungkinkan program memanipulasi informasi secara proporsional dan dokumen yang menggambarkan  operasi dan kegunaan program.

Software adalah perangkat lunak

Sedangkan Menurut Wikipedia Perangkat Lunak atau Software adalah istilah umum untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputeryang tidak berwujud. http://id.wikipedia.org/wiki/Perangkat_lunak

Beberapa Pengertian software diatas saya rasa cukup menjelaskan tentang apa yang dimaksud Software ini, Software sangat penting karena ada kaitanya dengan Hardware atau perangkat keras pada komputer. Dengan adanya software maka semua perangkat keras akan berfungsi dengan baik karena input dilakukan melalui software yang nantinnya akan menjalankan fungsi daripada harware tersebut.

Software memiliki dua peran, disatu sisi berfungsi sebagai sebuah produk dan  disisi lain sebagai pengontrol pembuatan sebuah produk. Sebagai produk, software mengantarkan potensi perhitungan yang dibangun oleh software komputer. 

Software  adalah transformer informasi yang memproduksi, mengatur, memperoleh,  memodifikasi, menampilkan atau memancarkan informasi, ini dapat sesederhana bit  tunggal atau sekompleks sebuah simulasi multimedia. Sedangkan peran sebagai  pengontrol yang dipakai untuk mengantarkan produk, software berlaku sebagai dasar  untuk kontrol komputer (sistem operasi), komunikasi informasi (jaringan), dan  penciptaan serta kontrol dari program-program lain (peranti dan lingkungan software)

Berikut ini adalah Contoh Contoh Software yang ada :
  1. Perangkat lunak aplikasi (application software) seperti pengolah kata, lembar tabel hitung, pemutar media, dan paket aplikasi perkantoran seperti OpenOffice.org.
  2. Sistem operasi (operating system) misalnya Ubuntu, windows, android
  3. Perkakas pengembangan perangkat lunak (software development tool) seperti Kompilator untuk bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti Pascal dan bahasa pemrograman tingkat rendah yaitu bahasa rakitan.
  4. Pengendali perangkat keras (device driver) yaitu penghubung antara perangkat perangkat keras pembantu dan komputer adalah software yang banyak dipakai di swalayan dan juga sekolah, yaitu penggunaan barcode scanner pada aplikasi database lainnya.
  5. Perangkat lunak menetap (firmware) seperti yang dipasang dalam jam tangan digital dan pengendali jarak jauh.
  6. Perangkat lunak bebas (free 'libre' software) dan Perangkat lunak sumber terbuka (open source software)
  7. Perangkat lunak gratis (freeware)
  8. Perangkat lunak uji coba (shareware / 'trialware)
  9. Perangkat lunak perusak (malware)
Begitulah Pengertian Software Adalah sebagai Perangkat Lunak Komputer

Pengertian Software Adalah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

1 comments: